Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam menciptakan kreativitas serta usaha mandiri berbasis teknologi sebagai industri kreatif.

Rabu, 05 Oktober 2016

Teknologi Informasi Sebagai Media Promosi Hasil Kreativitas Masyarakat

Dengan didukung oleh kemajuan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK atau lebih populer disingkat IT), saat ini masyarakat mulai semakin aktif untuk menciptakan berbagai kreativitas usaha dan melakukan promosi lewat berbagai media online. Hal ini mengingat Informasi teknologi menyediakan kesempatan bagi mereka untuk memperkenalkan hasil kreativitasnya lewat dunia maya yang akan bisa dilihat begitu banyak orang didunia ini karena lewat pengembangan teknologi informasi kita banyak sekali menemukan media promosi online baik berbayar dan gratis.

Teknologi-informasi-komunikasi-prmosi-hasil-kreativitas

Bandingkan saja saat dulu ketika orang harus memperkenalkan hasil kretivitasnya mereka harus beriklan di berbagai media cetak dan televisi. Kini dengan begitu banyaknya pengguna media internet mereka sangat mudah berpromosi bahkan saat ini yang berkembang pesat adalah media penjualan online (online shop). Jadi masyarakat tidak harus membayar tempat untuk berjualan tetapi cukup memajang barang dagangan mereka di media online. Selain kreativitas mereka dalam berusaha tentunya terlintas dalam pikiran mereka untuk menerapkan teknik desain agar supaya koleksi foto barang dagangannya bisa tampak tersusun rapi sebagaimana terlihat seperti penyusunan barang dagangan toko sebenarnya, bahkan dengan polesan dari ahli IT mereka bahkan bisa membuat susunan design yang lebih bagus dengan tampilan yang terkesan lebih wah dari kenyataannya.

Dinamika masyarakat inilah yang memacu berbagai kalangan tentunya remaja untuk berlomba-lomba belajar dan berharap mereka bisa menguasai pengetahuan untuk teknologi informasi ini di sekolah ataupun kursus. Mereka berharap dengan pengetahuannya bisa menjadi skill supplier untuk semua lapisan masyarakat yang ingin berusaha lewat media online. Mengingat begitu luas dan cepatnya perkembangan ilmu IT, ini para siswa seolah tidak pernah berhenti untuk menggali semua ilmu dan bahkan mereka berusaha menjadi pencipta nantinya dalam hal IT.

chipset-indonesia

Di Indonesia, kita bisa lihat berbagai produk IT ciptaan anak bangsa seperti Chipset Wimax XirkaPC Tablet Wakamini, dll. Semua hal tersebut akan memacu ide kreatif mereka untuk semakin mengembangkan diri dan tentunya apa yang mereka lakukan tidak lepas dari sebuah usaha yang bisa kita sebut sebagai Usaha Mandiri.

Usaha Mandiri adalah usaha yang kita buat dari hasil dari skill yang kita miliki dan tergolong usaha kecil karena memerlukan modal kecil dan tempat usaha kecil. Usaha mandiri yang mereka kembangkan tentunya dengan didukung kreativitas dalam menemukan ide-ide baru dan berhasil memenangkan persaingan di dunia maya bisa jadi akan berkembang menjadi usaha menengah bahkan besar. Sebut saja perusahaan seperti Kaskus yang dulunya diawali dari coba-coba untuk mengembangkan ide kreativitas kini sudah menjadi sebuah perusahaan besar dalam hal Komunitas Online.
Share:

2 komentar:

Total Tayangan Halaman