Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam menciptakan kreativitas serta usaha mandiri berbasis teknologi sebagai industri kreatif.

Rabu, 05 Oktober 2016

Penciptaan Usaha Mandiri Sebagai Hasil Kreativitas Masyarakat Berbasis Informasi Teknologi dan Komunikasi

Perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi saat ini semakin menambah daya tarik masyarakat khususnya remaja dikalangan sekolah dan universitas atau sekolah tinggi untuk menekuni bidang satu ini. Dengan berbekal ilmu pengetahuan yang didapat baik dari sekolah, fakultas, sekolah tinggi dan lembaga pendidikan lainnya, semua siswanya berlomba untuk menggali ilmu dan informasi dengan harapan nantinya bisa mereka jadikan pemacu ketika mereka mulai menginjak dunia industri. Selain masuk sebagai karyawan di sebuah industri yang tentunya saat hampir semua industri menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, para siswa berharap bisa mengembangkan ilmu mereka menjadi sebuah standar cita-cita untuk bisa berusaha sendiri sebagai usaha mandiri yang akan mereka buat mengingat permintaan akan kebutuhan jasa layanan terhadap teknologi informasi begitu tinggi.

Teknologi-informasi-komunikasi-usaha-mandiri

Banyak yang mereka bisa kembangkan dengan catatan tentunya mereka harus aktif dalam menggali ilmu dan mengembangkan keahliannya serta tentu saja kreativitas mereka dalam penciptaan dan penerapannya dibutuhlan ide ide yang kreatif mengingat persaingan yang begitu luas. Ide-ide mereka baik dalam mencipta, mengemas dan memasarkan diperlukan kreativitas yang tidak mudah. Disinilah mereka harus rajin menambah ilmu dengan memanfaatkan media internet sebagai bahan referensi dalam pembelajaran kedepannya.

Berikut akan sedikit diulas mengenai beberapa usaha kecil mandiri yang merupakan pengembangan kreativitas masyarakat di bidang teknologi Informasi:

Peluang-usaha-dengan-teknologi-informasi

1. Periklanan
Kegiatan kreatif yang berkaitan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya: riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dan elektronik (Televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising materials atau samples, serta penyewaan kolom untuk iklan. Teknologi tidak pernah lepas dari apa yang disebut komunikasi. Dengan teknologi, suatu arus komunikasi dapat berjalan lebih cepat dan melalui arus itu pula lah suatu teknologi terpublikasikan. Dunia komunikasi telah melahirkan berbagai macam bidang yang tentunya memiliki spesialisasi masing-masing seperti hubungan masyarakat maupun periklanan. 

2. Desain
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan. Adapun sub desain yang berkaitan dengan teknologi informasi yaitu desain grafis. Seperti yang kita ketahui, kunci utama dalam design grafis adalah mempunyai banyak ide dan mampu menguasai beberapa software-software design grafis seperti Desktop Publishing, Web Design, Audio Visual dan Rendering 3D.

3. Fashion
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, konsultansi lini produk fesyen, serta distribusi produk fashion. Peranan teknologi informasi dalam fashion lebih ditekankan dalam membantu pemasaran produk2 fashion. Karena kebanyakan dari kita saat ini lebih sering membuka sesuatu informasi dari berita sampai berbelanja dari dunia maya

4. Video, Film & Fotografi
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi film. Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan. Selain itu, teknologi informasi juga berperan dalam video editing, karena dalam mengedit video dibutuhkan berbagai macam software, misalnya Sony Vegas dan Adobe Premiere.

TIK-ciptakan-kreativitas-dan-peluang-usaha

5. Permainan Interaktif
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Subsektor permainan interaktif bukan didominasi sebagai hiburan semata-mata tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi. Permainan interaktif atau lebih kita kenal dengan game sangat diminati oleh masyarakat pada umumnya. Melalui perkembangan teknologi informasi, game ini berkembang menjadi game online yang sedang marak saat ini.

6. Musik
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara. Sekarang ini sudah banyak software yang bisa digunakan untuk mengolah musik dalam sebuah PC atau laptop, melalui software ini kita tidak perlu memainkan alat musik secara langsung.

7. Seni Pertunjukan
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan (misal: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik), desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan. Melalui perkembangan teknologi informasi kita bisa melihat semua seni di dunia ini melaui situs Youtube.

8. Penerbitan & Percetakan
Kegiatan kreatif yang terkait dengan dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita. Subsektor ini juga mencakup penerbitan perangko, materai, uang kertas, blanko cek, giro, surat andil, obligasi surat saham, surat berharga lainnya, passport, tiket pesawat terbang, dan terbitan khusus lainnya. Juga mencakup penerbitan foto-foto, kartu pos, formulir, poster, reproduksi, percetakan lukisan, dan barang cetakan lainnya, termasuk rekaman mikro film.

Teknologi-informasi-dan-usaha-mandiri

9. Layanan Komputer & Piranti Lunak
Kegiatan kreatif yang terkait dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras, serta desain portal termasuk perawatannya.

10. Televisi & Radio
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, infotainment, dan lainnya), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk kegiatan station relay (pemancar kembali) siaran radio dan televisi.

11. Riset & Pengembangan
Kegiatan kreatif yang terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar; termasuk yang berkaitan dengan humaniora seperti penelitian dan pengembangan bahasa, sastra, dan seni; serta jasa konsultansi bisnis dan manajemen.

12. Software
Software disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Sekarang ini berkembang berbagai macam software yang digunakan untuk mempermudah kegiatan hidup manusia.

13.  Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Beberapa contoh antivirus yang terkenal yaitu : Smadav, Avira, Avast, dll.

Usaha-kemajuan-teknologi-informasi-kreativitas

14. Robotik
Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja yang tidak mengenal lelah atau bosan. Sedangkan secara terminologi, arti yang paling tepat dengan istilah robot mengandung pengertian “Sistem atau alat yang digunakan untuk menggantikan kinerja manusia secara otomatis”. Robotika ini merupakan salah satu industri kreatif berbasis teknologi informasi karena dalam pembuatan maupun pemrogramannya dibutuhkan kefasihan menggunakan IT. Ada 3 perkerjaan yang harus dilakukan dalam tahap ini, yaitu pembuatan mekanik, elektronik, dan programming.

15. Animasi
Animasi sendiri berasal dari kata 'to animate' yang berarti menggerakkan, menghidupkan. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Definisi tersebut mengartikan bahwa benda-benda mati dapat ‘dihidupkan’. Animasi dipandang sebagai suatu hasil proses dimana ek-obyek yang digambarkan atau divisualisasikan tampak hidup. Meskipun demikian animasi tidak secara eksplisit dinyatakan pada obyek-obyek mati yang kemudian digerakkan. Jadi, Animasi dapat kita simpulkan secara sederhana ialah "menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak" yang di maksud di proyeksikan ialah dengan menggunakan tool proyeksi atau software aplikasi. Di era teknologi saat ini banyak sekali software-software komputer yang men-support pembuatan animasi seperti : Diretor, Adobe Image Ready, Flash, Autodesk 3D Studio Max, Ulead Cool 3D Studio, Autodesk Maya, dll.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman